6 Aturan Diet Makanan Sehat Mentah Agar Mendapatkan Hasil Maksimal

aturan diet makanan sehat

Raw food diet merupakan diet makanan mentah. Diet makanan sehat jenis ini disebut bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Jenis diet ini dilatarbelakangi oleh proses pemanasan saat memasak yang akan mengurangi zat gizi serta enzim di dalam makanan. Padahal, zat-zat tersebut bagus untuk pencernaan dan membantu mengurangi risiko berbagai penyakit.

Aturan Raw Food Diet

Ada beberapa aturan yang harus dilakukan jika ingin melakukan diet makanan mentah. Apa saja aturannya?

Dilarang Makan Makanan yang Dimasak

Kalau kamu menjalani diet makanan mentah 100%, maka olahan yang diolah dengan suhu lebih dari 46 derajat Celcius tidak boleh dikonsumsi. 

Sebab, makanan yang diolah dengan suhu di atas 46 derajat Celcius akan kehilangan enzimnya. Selain itu, makanan juga lebih sulit dicerna.

Gunakan Air yang Telah Difilter

Tujuan utama diet ini yaitu mencukupi kebutuhan zat gizi yang sifatnya membantu kinerja sel dalam tubuh dalam bentuk sangat alami. Karena makanannya disajikan dalam bentuk mentah, maka kebersihan adalah hal utama yang wajib diperhatikan.

Menggunakan air yang tidak steril bisa meningkatkan risiko munculnya racun maupun parasit penyebab sakit. Salah satu menu makanan diet sehat raw food adalah jus, menggunakan air yang sudah difilter adalah pilihan terbaik. 

diet makanan sehatSumber Foto: Google

Gunakan Bahan Makanan Organik

Karena menghindari pengolahan menggunakan panas, maka pastikan bahan makanan yang kamu gunakan bebas dari berbagai jenis racun. Termasuk zat kimia yang berasal dari pestisida. 

Sebenarnya, pengolahan makanan dengan pemasakan bisa membunuh berbagai macam bakteri atau racun. Tapi saat kamu memutuskan untuk menjalani diet ini, maka pemilihan bahan baku yang ‘aman’ merupakan pilihan paling tepat.

Rendam Kacang-kacangan Sebelum Dikonsumsi

Salah satu jenis bahan pangan yang banyak digunakan dalam diet makanan mentah adalah kacang-kacangan. Karena itu, kamu harus memperhatikan kebersihannya.

Kacang-kacangan seperti mede, almond, atau hazelnut, sebaiknya direndam dalam air lebih dulu. Perendaman tersebut dilakukan untuk menghilangkan rasa pahit dan membuat kacang lebih mudah dicerna. Perendaman ini adalah pengganti proses pemanggangan yang umum dipakai dalam pengolahan kacang.

Hindari Beberapa Jenis Makanan

Beberapa jenis makanan biasanya dihindari dalam diet satu ini, seperti produk susu, telur, dan olahannya karena cenderung berbahaya ketika dikonsumsi tanpa proses pengolahan.

Sebagai alternatif penggantinya, kamu bisa mengonsumsi susu nabati yang terbuat dari kacang-kacangan. Selain itu, biji-bijian biasanya juga dihindari karena harus melewati proses pemasakan lebih dulu.

Dalam diet makanan mentah, jenis biji-bijian yang biasa digunakan adalah quinoa dan oat. Sebelum menyantapnya, jangan lupa direndam dulu ya.

Bahaya Diet Makanan Mentah

Karena tidak dimasak, bahan makanan yang kamu konsumsi bisa saja mengandung parasit dan racun berbahaya. Proses pembersihan yang tidak menyeluruh juga akan meningkatkan risiko keracunan makanan.

Misalnya saja daging mentah yang tak diolah dengan baik bisa mengandung parasit, bakteri dan virus. Susu yang tidak melewati proses pemanasan juga bisa terkontaminasi Mycobacterium bovis, bakteri ini merupakan penyebab penyakit TB non paru.

Itu dia beberapa aturan dalam diet makanan mentah yang harus kamu tahu. Bingung mau membuat menu diet makanan sehat tapi tidak tahu harus beli dimana bahan-bahannya? Langsung saja ke website Healthy Choice.

Selain mudah dan praktis, Healthy Choice juga menyediakan aneka jenis kacang-kacangan yang bisa kamu gunakan sebagai menu diet makanan mentah. Tunggu apalagi? Yuk beli sekarang juga!

0 Response to "6 Aturan Diet Makanan Sehat Mentah Agar Mendapatkan Hasil Maksimal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel