Cara Beli Mobil Sesuai Perhitungan Budget


Membeli mobil baru mungkin sudah menjadi impian sebagian besar orang. Apalagi saat ini mobil merupakan kebutuhan kendaraan selain motor. Harga mobil tiap tipe tentu berbeda-beda. Umumnya orang akan membeli mobil sesuai dengan budget dan kebutuhan jenis mobilnya.

Untuk bisa membeli mobil tidak harus ada uang cash dari total harga mobil. Anda bisa lakukan metode kredit untuk membayar mobil yang akan dibeli. Namun alangkah baiknya juga jika dilakukan perhitungan atau kalkulasi terlebih dulu terhadap budget dan harga unit mobil agar Anda bisa lebih diuntungkan. 

Trik Kalkulasi Budget Dengan Harga Unit Mobil 

Pembeli yang bijak, akan selalu mempertimbangkan kesesuaian budget dengan harga unit mobil yang akan dibeli. Namun jauh hari sebelum beli mobil, tentunya sudah harus ada kalkulasi agar membeli mobil tidak lantas merugikan keuangan. Lantas bagaimana cara kalkulasinya? Simak berikut trik jitunya: 

1. Cari Angka Konsisten Untuk Menabung

Banyak orang yang masih kebingungan untuk menyisakan uang gaji sebagai uang tabungan. Jika ada keinginan untuk membeli mobil, mulailah untuk menyisihkan uang gaji guna ditabung. Anda bisa ambil 25% dari gaji untuk dikumpulkan.

Kalkulasikan jumlah uang yang akan terkumpul dalam satu tahun. Jika ingin membeli secara kredit, pastikan uang sisihan gaji bisa memenuhi angka cicilan yang harus dibayar tiap bulannya. 

2. Kalkulasikan Penawaran Kredit Dengan Perhitungan Budget

Mulau-mula Anda bisa lakukan kalkulasi pengeluaran bulanan dan uang yang akan disisihkan untuk beli mobil. Setelah itu, cari tahu jumlah cicilan yang harus dibayar dari penawaran kredit yang sudah diriset dari berbagai dealer mobil.

Wajar saja jika total harga kredit akan lebih mahal dari harga cash. Namun tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan jumlah harga kredit yang minim dengan trik tertentu. Setelah dikalkulasikan, pilihlah penawaran yang menawarkan total harga mobil paling minim. 

3. Cari Masa Cicilan Pendek

Saat membeli mobil secara kredit, Anda akan ditawari dengan berbagai pilihan masa cicilan dan jumlah cicilan yang harus dibayarkan. Untuk menghindari pengeluaran cicilan yang besar, Anda bisa hitung terlebih dulu jumlah total yang harus dibayarkan dari tiap pilihan masa cicilan.

Kebanyakan masa cicilan yang lama, akan membuat harga mobil semakin tinggi. Tentunya hal ini akan berpengaruh terhadap pengeluaran yang boros. Karenanya sebaiknya Anda memilih masa cicilan pendek.

Meskipun masa cicilan pendek mengharuskan pembayaran cicilan dalam jumlah besar tiap bulannya, namun jika ditotal hingga pelunasan jumlah uang yang keluar lebih murah. 

4. Tidak Menghabiskan Budget

Membeli mobil memang harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Namun membeli mobil tidak melulu harus pas sesuai dengan uang budget yang tersedia. Bila perlu lakukan penawaran atau negosiasi dengan dealer untuk mendapatkan harga unit mobil yang lebih terjangkau.

Saat dealer bertanya terkait budget, sebaiknya alihkan pembicaraan ke fitur yang dimiliki mobil tersebut. memberitahu dealer soal budget yang Anda miliki justru akan berpeluang menghabiskan jatah budget yang sudah disediakan.

Dealer akan terang-terangan menyuguhkan mobil yang punya harga pas dengan budget atau yang sangat mendekati. Penting sekali untuk menyisakan uang budget beli mobil guna kebutuhan mobil kedepannya.

Sebagai pertimbangan, Anda bisa gunakan toko jual mobil online seperti situs SEVA. Situs ini menyediakan fitur yang bisa memperlihatkan spesifik mobil beserta budget harganya. Fitur yang dimaksud adalah instant approval. Akan lebih mudah menyesuaikan budget dengan fitur ini. 

5. Pertimbangkan Beli Mobil Bekas Kualitas Bagus

Tidak semua mobil bekas punya kualitas jelek. Ada juga mobil bekas yang benar-benar masih bagus kualitasnya. Mobil seperti ini layak jadi target incaran Anda jika memang budget masih belum cukup untuk beli mobil baru.

Memperhitungkan budget untuk membeli mobil memang hal yang sangat penting. Hal ini utamanya berlaku untuk Anda yang ingin beli secara kredit. Meskipun dibayar cicilan tiap bulan, namun jika tidak pandai kalkulasi Anda sendirilah yang akan dirugikan.

0 Response to "Cara Beli Mobil Sesuai Perhitungan Budget"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel