Manfaat Membuat Pembukuan Keuangan dengan BukuWarung

GuruNesia - Banyak pelaku usaha kecil yang merasa tidak perlu membuat pembukuan keuangan, dan lebih fokus pada pemasaran serta kualitas produk yang dijualnya saja. Padahal, sangat penting untuk memperhatikan aliran kas yang keluar dan masuk setiap harinya. 

Semua jenis usaha perlu memperhatikan cara membukukan keuangan, bahkan meskipun jenis usaha tersebut masih skala kecil. Ketika usaha itu berkembang, pembelian akan meningkat, dan jumlah transaksi juga akan semakin membesar. Saat ini Anda pasti menyesal tidak membuat pembukuan. 

Manfaat Membuat Pembukuan Akuntansi

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh para pengusaha adalah tidak memisahkan keuangannya. Para pemula terutama, akan kebingungan bagaimana cara memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan perusahaan. Hal ini bisa menyebabkan kerancuan keuangan. 

Meskipun usaha yang Anda jalankan masih terhitung kecil, Anda tetap harus membuat sebuah pembukuan keuangan. Langkah ini akan mendatangkan banyak sekali manfaat, seperti: 

  • Meminimalisir berbagai risiko kehilangan, baik kehilangan uang, aset, maupun produk yang Anda perdagangkan. 
  • Membantu Anda memahami kewajiban pajak yang diakibatkan oleh bisnis yang sedang Anda jalani. 
  • Mempengaruhi aset yang Anda miliki dan berpengaruh terhadap laba rugi bisnis Anda di kemudian hari. 
  • Membantu pelaku usaha untuk mengetahui besar utang dan piutang. 
  • Membantu pelaku usaha mengendalikan atau mengontrol biaya yang diakibatkan oleh operasional usaha atau bisnis. 
  • Membantu mengetahui proses atau perkembangan dari bisnis yang Anda jalankan. 

Karena banyaknya manfaat yang bisa diberikan oleh pembukuan keuangan, Anda sebaiknya mulai memikirkan langkah awal yang akan diambil untuk membuat pembukuan Anda sendiri. Agar lebih mudah melakukannya, Anda bisa menggunakan aplikasi BukuWarung yang cocok untuk usaha kecil. 

Cara Membuat Pembukuan yang Sederhana

Usaha berskala kecil tidak perlu menciptakan pembukuan yang rumit dengan berbagai perhitungan yang membingungkan. Cukup gunakan pembukuan yang sederhana sehingga Anda hanya perlu memahami akuntansi dasar yang benar-benar penting saja. 

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum mulai membuat pembukuan untuk usaha Anda sendiri, yaitu: 

Catatan Pengeluaran

Buku untuk catatan pengeluaran ini harus dipersiapkan secara terpisah. Tuliskan berbagai pengeluaran seperti biaya operasional, membeli bahan baku, gaji karyawan, dan sebagainya. Catat semuanya dalam sebuah tabel dengan jelas. 

Catatan Pemasukan

Catatan ini harus memuat seluruh pemasukan yang Anda peroleh setiap harinya. Misalnya, Anda bisa mencatat jumlah penjualan berbagai produk serta piutang yang telah terbayar. 

Buku Kas Utama

Buku kas berfungsi untuk menggabungkan catatan pemasukan dengan pengeluaran. Tujuan dari buku ini adalah untuk melihat kerugian atau keuntungan yang dialami oleh bisnis yang Anda jalankan. 

Jika Anda merasa ketiga langkah sederhana diatas masih terlalu rumit, gunakan cara yang lebih sederhana lagi, yaitu memanfaatkan aplikasi akuntansi UKM yang mudah digunakan. BukuWarung akan mempermudah pelaku usaha kecil dalam membuat pembukuan yang akurat.

0 Response to "Manfaat Membuat Pembukuan Keuangan dengan BukuWarung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel