Simak 5 Manfaat Jagung yang Belum Kamu Sadari untuk Kesehatan

GuruNesia - Tanaman yang memiliki nama latin Zea mays atau lebih dikenal sebagai jagung merupakan sumber bahan pokok yang biasa diolah masyarakat Indonesia. Tidak hanya rasanya yang manis dan lezat, nyatanya jagung menawarkan sejumlah khasiat untuk tubuh. Apa saja manfaat jagung yang tidak kamu sadari untuk tubuh? Simak ulasannya berikut ini. 

1. Mengatasi Konstipasi

Konstipasi atau sembelit adalah suatu keadaan dimana sistem pencernaan susah untuk mengeluarkan sisa makanan yang masuk, dalam bentuk feses. Untuk mengatasi sembelit alias konstipasi ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti memperbanyak minum air putih, memperbanyak aktivitas fisik (olahraga), dan juga memperbaiki pola makan. 

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat bisa dijadikan sebagai obat pencahar alami yang baik untuk membantu mengatasi konstipasi. Manfaat jagung dalam hal ini bisa membantu kamu untuk mengurangi mengatasi konstipasi yang bisa mengganggu organ pencernaan. Kamu bisa mengolah jagung dengan cara direbus biasa, maupun dibuat dalam berbagai olahan lainnya. 

2. Menurunkan Risiko Diabetes

Jagung merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan indeks glikemik rendah sehingga baik untuk kamu yang menderita diabetes. Kandungan karbohidrat dalam jagung sendiri merupakan karbohidrat kompleks, yang juga mengandung serat dan protein. Kombinasi ketiga nutrisi ini dapat dicerna secara lambat oleh tubuh dan juga bisa mengendalikan kadar gula darah karena serat memperlambat kecepatan tubuh memecah karbohidrat (glukosa) untuk dilepaskan ke dalam aliran darah. 

Bagi kamu yang menderita diabetes, harus memilih sumber karbohidrat yang bijak, karena karbohidrat bisa menaikkan kadar gula darah. oleh karena itu, dalam hal ini tidak ada salahnya mengonsumsi jagung untuk menurunkan risiko diabetes. 

3. Baik untuk Jantung

Manfaat jagung yang kaya akan kandungan nutrisi di dalamnya juga bisa menjaga kesehatan jantung. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan protein serta menghindari lemak jahat, merupakan salah satu faktor penting yang bisa dilakukan dalam pencegahan penyakit jantung. 

Bagi mereka yang rutin mengkonsumsi jagung maupun jenis kacang-kacangan sebagai pengganti nasi putih, dipercaya memiliki risiko lebih kecil untuk terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak. Tidak hanya itu, kandungan senyawa fitokimia fenolik yang terdapat dalam jagung juga bisa mengendalikan tekanan darah tinggi. 

4. Menjaga Kesehatan Mata

Si kuning yang bercita rasa manis gurih ini juga diperkaya akan kandungan vitamin C, vitamin B, dan juga magnesium yang baik untuk tubuh. Misalnya saja kandungan vitamin C dalam jagung yang berperan penting dalam menunjang perbaikan sel, meningkatkan kekebalan tubuh, dan memiliki sifat anti-penuaan, sementara vitamin B berperan penting dalam pengolahan energi. 

Tidak hanya itu, jagung merupakan salah satu sumber pangan yang kaya akan antioksidan dibanding banyak biji-bijian sereal lainnya, seperti lutein, zeaxanthin, asam ferulat, dan beta-karoten. Kandungan Karotenoid (lutein, beta-karoten, dan zeaxanthin) yang ditemukan dalam jagung dikenal dapat mampu menunjang sistem imun tubuh dan telah terbukti berperan penting dalam kesehatan mata, bahkan terkait dengan penurunan risiko dari degenerasi makula dan katarak. 

5. Mencegah Penyakit Divertikulosis

Penyakit divertikular, atau dikenal sebagai divertikulosis sendiri merupakan salah satu penyakit pencernaan yang ditandai dengan munculnya kantong-kantong kecil (divertikula), di sepanjang usus besar. Gejala utama penyakit ini sendiri adalah diawali dengan kram maupun perut kembung. Bahkan pada kasus terparah, divertikulosis dapat memicu perdarahan dan infeksi. 

Itulah lima manfaat jagung untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Mulai sekarang, jangan ragu lagi untuk menambahkan jagung dalam menu sehat kamu ya! 

Untuk mendapatkan jagung dengan kualitas terbaik, selalu pastikan kamu membelinya di TaniHub. Platform e-commerce ini selain menyediakan jagung juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo - promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai. 

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

0 Response to "Simak 5 Manfaat Jagung yang Belum Kamu Sadari untuk Kesehatan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel