Mengupas Tuntas Sejarah Berdirinya ITSK RS dr. Soepraoen

mengupas tuntas sejarah itsk rs dr soepraoen
source: skep.itsk-soepraoen.ac.id

Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITSK) RS dr Soepraoen adalah kampus kesehatan yang berada di Malang. Kampus ini cukup populer dengan berbagai program studinya untuk para calon tenaga medis unggulan Indonesia.

ITSK RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brw Malang adalah institusi perguruan tinggi yang fokus mencetak tenaga kesehatan dan berada di bawah naungan Yayasan Wahaya Bhakti Karya Husada.

Yayasan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian para purnawirawan kesehatan angkatan darat. Yayasan Wahaya Bhakti Karya Husada bergerak dalam bidang pendidikan dan sosial yang mengelola beberapa institusi pendidikan kesehatan di berbagai wilayah Indonesia.

Perlu kamu ketahui jika ITSK RS dr. Soepraoen sudah mempunyai akreditasi B. Hingga saat ini mempunyai 3 prodi dengan akreditasi B, 1 prodi memiliki akreditasi C, dan 7 prodi baru yang masih dalam perencanaan akreditasi.

Intitusi yang satu ini terus berkomitmen untuk meningkatkan peringkat akreditasi prodi dengan melakukan pendampingan dan peningkatan mutu sehingga proses pembelajaran mampu membantu mencetak tenaga kesehatan berkualitas.

Lalu, bagaimana sejarah berdirinya ITSK RS dr. Soepraoen? Sobat GuruNesia bisa menemukan jawabannya dengan menyimak ulasan berikut ini.

Sejarah Berdirinya ITSK RS dr. Soepraoen

RS Tk.II dr.Soepraoen terlibat dalam sejarah berdirinya ITSK RS dr. Soepraoen sebagai lembaga kesehatan angkatan darat yang pernah menggelar pendidikan tenaga kesehatan. Pendidikan tersebut bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan personil, baik di lingkungan angkatan darat maupun masyarakat.

Mengenai sejarah, RS Tk.II dr. Soepraoen sudah menggelar berbagai macam pendidikan paramedis dan sukses menghasilkan ribuan alumni. Beberapa lembaga pendidikan yang pernah dikelola RS Tk.II dr.Soepraoen, sebagai berikut:
  1. Sekolah Paramedis Juru Rawat (A.I) sesuai Surat Keputusan Menkes RI nomor:1728/Pend. tertanggal 16 April 1952.
  2. Pendidikan Paramedis Bidan berdasarkan Surat Keputusan Menkes RI nomor:2256/Pend. pada tanggal 7 September 1957.
  3. Pendidikan Paramedis Pengamat Kesehatan yang berdiri berdasarkan Surat Keputusan Dirjankesad dengan nomor: Skep/61/7/IX/1957 tertanggal 27 September 1957.
  4. Sekolah Paramedis meliputi Pendidikan Bidan, Pengamat Kesehatan dan Juru Kesehatan berdasarkan Surat Keputusan Dirkesad nomor:Skep/34/6/IV/1960 tanggal 27 Juli 1960.
  5. Sekolah Paramedis berupa Sekolah Bidan, Sekolah Perawat, Sekolah Pengamat Kesehatan, dan Sekolah juru Kesehatan sesuai Surat Keputusan Kasad nomor:Skep/135/I/1962 tanggal 29 Januari 1962.
  6. Sekolah Perawat Kesehatan (Konversi) sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI dengan nomor: Skep/74/Kep-Diklat/Kes/1981 tanggal 23 April 1981. Mulai dari konversi hingga tahun 2001, sekolah perawat ini telah berhasilkan meluluskan 1.288 orang.
  7. Akademi Keperawatan Rumkit Tk.II dr. Soepraoen (Konversi SPK) sesuai Surat Keputusan Kapusdiknakes Departemen Kesehatan RI dengan nomor: HK.00.06.1.3.2047 tertangal 13 Juli 1999. Dihitung dari konversi sampai tahun 2005, sudah ada 179 orang yang berhasil lulus.
  8. Politeknik Kesehatan RS dr. Soepraoen yang berdiri berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI dengan Nomor: 198/D/O/2005 pada tanggal 30 Desember 2005.
  9. Keputusan tersebut memuat tentang pemberian ijin Penyelenggaraan Prodi Kebidanan (DIII), Penggabungan Prodi Akupunktur (DIII) dari Unmer YPTM dan Akper dr. Soepraoen menjadi Politeknik Kesehatan (Poltekkes) RS. dr. Soepraoen Kesdam V/ Brawijaya Malang. Poltekkes RS. dr. Soepraoen ini juga sudah meluluskan sebanyak 3022 mahasiswa yang berasal dari D-III Keperawatan sejumlah 1613 orang, D-III Kebidanan sejumlah 1159 orang, dan D-III Akupunktur sejumlah 250 orang.
Mengikuti perkembangan zaman, Poltekkes RS dr. Soepraoen akhirnya berubah menjadi Institut Teknologi, Sains, dan Kesehatan (ITSK) RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brw Malang sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 593/M/2020 pada tanggal 24 Juni 2020.

ITSK RS dr. Soepraoen hadir untuk menghasilkan lulusan akademik dan vokasi yang berkualitas dalam bidang kesehatan. Harapannya, para alumni bisa menjadi tenaga kesehatan profesional dan mampu menjadi sumber daya manusia yang kompeten di masyarakat maupun lingkungan TNI angkatan darat.

Tertarik untuk lebih jauh mengetahui berbagai program studi dari kampus kesehatan pertama di Malang ini? Sobat GuruNesia bisa langsung mengakses itsk-soepraoen.ac.id. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Mengupas Tuntas Sejarah Berdirinya ITSK RS dr. Soepraoen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel