Faktor Penyebab Bahasa Mandarin Sulit Dipelajari

faktor penyebab bahasa mandarin sulit dipelajari
source: cdn.idntimes.com

Bahasa Mandarin memiliki penutur asli sebanyak lebih dari 1 miliar orang di dunia. Itulah mengapa penting sekali untuk mempelajarinya selain mempelajari bahasa Inggris. Alasan ini juga yang membuat penerjemah bahasa Mandarin tersumpah dicari oleh banyak orang untuk menerjemahkan dokumen penting.

Sebagian besar beranggapan bahwa belajar bahasa Mandarin lebih sulit dibandingkan belajar bahasa asing lainnya. Apa saja faktor penyebab yang membuat bahasa Mandarin sulit untuk dipelajari? Yuk langsung disimak ulasannya di bawah ini!

Nada

Bahasa Mandarin sulit untik dipelajari karena terdapat nada bahasa yang harus kamu kuasai. Terdapat empat nada dasar, ditambah nada netral kelima dan juga nada serta intonasi yang digunakan mengubah arti kata.

Contohnya, tāng yang diucapkan dengan nada tinggi berarti sup sementara tāng dengan nada naik memiliki arti gula. Kamu bisa mengetahui nadanya dari tanda di atas vokal dalam pinyin, yaitu sistem penulisan yang menggunakan alfabet latin.

Menulis Karakter Mandarin

Salah satu hal yang membuat bahasa Mandarin itu unik ialah tidak memiliki alfabet. Bahasanya terdiri dari 50.000 karakter, yang mungkin terdengar menyeramkan bagimu yang baru pemula dalam mempelajari bahasa Mandarin. Namun, hanya ada sekitar 10.000 karakter yang digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Menurut sebuah penelitian, kamu bisa memahami lebih dari 97% bahasa Mandarin tertulis dengan pemahaman hanya sebanyak 2.500 karakter. Ada pula perbedaan antara karakter Mandarin Tradisional dan Sederhana yang dianggap banyak orang cukup sulit dipahami.

Aksara Mandarin Tradisional banyak digunakan di Taiwan, Hongkong, Makau, dan sebagian besar Mandarin perantauan. Sedangkan, aksara Mandarin Sederhana digunakan di Mandarin Daratan (Mainland) dan Singapura.

Bahasa Mandarin Tradisional kebanyakan digunakan dalam karya klasik, seperti puisi, kaligrafi dan lukisan. Sementara bahasa Mandarin Sederhana, lebih sering digunakan secara online dan dalam publikasi semacam surat kabar.

Berbicara dan Memahami

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahasa Mandarin merupakan bahasa nada, yang bisa saja menimbulkan kesalahpahaman jika salah mengucapkan nada intonasinya. Kamu perlu melatih telinga untuk selalu mendengar suara dasar bahasa Mandarin serta melatih mulutmu untuk mengucapkannya.

Mungkin, kamu tidak langsung bisa memahaminya. Namun, karena banyak latihan, kamu bisa mengerti secara perlahan. Jangan terlalu keras kepada diri sendiri dalam memahami bahasa Mandarin.

Nah, itulah beberapa faktor yang menyebabkan sebagian besar orang kesulitan mempelajari bahasa Mandarin. Akan tetapi, dengan terus belajar dan berlatih, lama kelamaan kamu pasti bisa menguasainya dan hafal di luar kepala.

Bagi yang membutuhkan jasa penerjemah bahasa Mandarin tersumpah karena belum terlalu mahir, bisa mempercayakannya pada Kantor Penerjemah Tersumpah. Mereka telah memiliki pengalaman di bidangnya selama lebih dari 9 tahun. Jadi, tidak perlu lagi diragukan kualitas dan kredibilitasnya.

Untuk informasi selengkapnya, bisa dilihat melalui laman kantorpenerjemahtersumpah.com. Semoga ulasan ini bisa membantu, ya!

0 Response to "Faktor Penyebab Bahasa Mandarin Sulit Dipelajari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel