Menilik Efiling KlikPajak dan Prinsip Penetapan Pajak Daerah

Efiling KlikPajak

Efiling Klikpajak - Pembayaran pajak adalah hal yang wajib dilakukan setiap individu ataupun badan. Ketika Anda taat pajak maka menguntungkan anda sendiri, masyarakat banyak dan juga negara. Setiap daerah maka memiliki pajak daerahnya sendiri dan merupakan sumber pendapatan daerah. Pajak ini fungsinya adalah untuk pembangunan suatu daerah. Pajak dibedakan menjadi dua yaitu pajak daerah dan juga pajak negara. 

Setiap pajak daerah maka kontribusinya langsung ke daerah dan dikelola oleh pemerintah daerah masing-masing. Untuk pajak ini, fungsinya untuk melakukan budgeting dengan menghimpun dana dari masyarakat sebagai kepentingan pembiayaan pembangunan Daerah dan fungsi regulasi. Adapun pajak daerah memiliki prinsip-prinsip penetapannya sendiri. Berikut beberapa prinsip kontribusi wajib ke daerah dari pajak. 

1. Prinsip Keadilan

Prinsip yang pertama memuat prinsip keadilan dimana pemungutan pajak dilakukan oleh semua subjek pajak dan harus dengan batas kemampuan masing-masing. Ini membuat masyarakat dengan kemampuan yang sama akan dikenakan pajak yang sama. 

Sementara untuk masyarakat yang memiliki kemampuan berbeda akan punya kontribusi berbeda pula sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Bisa dibilang hal ini cukup adil bagi masyarakat karena setiap orang punya tingkat ekonomi yang berbeda-beda. 

2. Prinsip Kepastian

Ada lagi yang dinamakan prinsip kepastian. Dimana prinsip ini mengutamakan kepastian dalam pembangunan kontribusi wajib daerah untuk aparatur pemungut pajak. Kepastian disini mencakup dasar-dasar hukum mengenai subjek pajak, tarif hingga dasar pengenaan nya. 

Dengan adanya faktor kepastian akan menjamin setiap orang agar tidak ragu dalam menjalankan kewajibannya membayar kontribusi wajib ke daerah masing-masing. Sebab sudah pasti soal pajak ini sudah diatur dan ditetapkan. 

3. Prinsip Kemudahan

Selanjutnya ada prinsip kemudahan, di mana pada prinsip ini wajib pajak daerah harus memenuhi kewajiban karena bayar pajak adalah hal yang penting. Anda bisa lihat dari pemungutan kontribusi wajib ke daerah dilakukan saat wajib pajak menerima penghasilan. Bahkan agar lebih memudahkan biasanya pajaknya langsung terpotong dari perusahaan tempat bekerja. 

4. Prinsip Efisiensi

Dimana pada prinsip ini dikemukakan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk pemungutan pajak tidak boleh lebih besar dari jumlah pajak yang dipungut. Saat melakukan kontribusi wajib ke daerah, harus benar-benar memperhatikan yang namanya mekanisme agar pemasukan pajak bisa lebih besar dan dengan biaya yang kecil. 

Itu tadi beberapa prinsip yang digunakan untuk penetapan pajak di daerah. Maka untuk daerah satu dan lainnya bisa saja punya penetapan pajak yang berbeda sesuai dengan kondisi masing-masing. 

Untuk Anda yang masih merasa kesulitan dalam pembayaran pajak, akan dimudahkan dengan adanya efiling Klikpajak. Dimana platform ini akan membantu anda untuk bayar pajak tanpa perlu mengantri. Hanya bermodalkan smartphone dan juga internet yang stabil maka anda bisa membayar pajak secara mudah. 

Klikpajak memudahkan anda untuk bayar pajak lewat e-biling dan pembuatan ID billing secara gratis. Selain itu, bayar PPH online lewat Klikpajak juga sangat mudah. Anda hanya membutuhkan data-data keuangan yang diminta maka dalam beberapa detik sudah mendapatkan informasi seputar pajak yang harus dibayar dan pembayarannya juga bisa dilakukan secara online. 

Klikpajak by Mekari merupakan salah satu platform pembayaran pajak yang resmi karena merupakan mitra dari DJP. Sehingga untuk pembayaran pajak dan bukti pajaknya adalah bukti yang legal karena langsung dikeluarkan oleh DJP. Anda juga bisa dapatkan versi demo Klikpajak untuk mencoba gratis platform pajak ini. Informasi lebih lanjut mengenai platform Klikpajak ini bisa anda kunjungi website resminya sekarang juga.

0 Response to "Menilik Efiling KlikPajak dan Prinsip Penetapan Pajak Daerah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel