3 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Populer dan Mudah Dijalankan

GuruNesia.my.id - Bagi orang yang mahir melihat peluang, memiliki uang dan harta kekayaan tidak melulu harus mendirikan bisnis yang dikelolah sendiri. Karena faktanya, investasi justru lebih banyak dilirik oleh si pembaca peluang itu sebagai gerbang penghasil mata uang yang amat menjanjikan. Bahkan, dengan investasi, sang investor tidak perlu terjun langsung sebagaimana bisnis komersial pada umumnya. 

Seiring berkembangnya zaman, bentuk dan jenis investasi semakin beragam. Namun secara garis besar, investasi bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Nah bagi Anda yang ingin memasuki dunia investasi sebagai seorang investor, pada kesempatan kali ini, kami akan menguraikan jenis-jenis investasi jangka pendek yang bisa Anda coba. 

Mengenal Apa itu Investasi Jangka Pendek?

Berdasarkan waktu, kita bisa mengetahui bahwa ada pembagian jenis investasi sebagaimana yang kami sebutkan di atas, yaitu investasi jangka pendek dan jangka panjang. Kenapa sih disebit sebagai jangka pendek? Bisa dibilang, jenis investasi ini diberikan label sesuai namanya, dimana perputaran uang investasi berjalan dalam kurun waktu yang singkat. Bisa dalam hitungan bulan atau maksimal dua tahunan saja. 

Kebanyakan, para investor yang mengalokasikan dananya untuk investasi jangka pendek ini bermaksud memperoleh keuntungan berupa biaya, yang sejatinya pun dibutuhkan dalam waktu dekat. Selain itu, beberapa investor ingin mengalokasikan cash flow yang dimiliki agar menjadi hal yang bernilai lebih untuk sementara waktu. 

Jenis-Jenis Investasi Jangka Pendek yang Bisa Anda Pilih

Deposito

Menjadi fakta yang perlu diketahui, bahwa saat ini banyak sekali pihak bank yang memberikan tawaran kepada nasabahnya untuk mengambil investasi jangka pendek berupa deposito. Dengan penawaran return yang tinggi dari pihak bank kepada nasabah, harapannya mereka berkenan mengambil deposito. 

Perihal jangka waktu, nasabah bebas menentukan durasi sebagaimana kebutuhannya masing-masing, ada yang tiga bulan, hingga berjangka satu tahun. Tentu saja, jangka waktu deposito akan sangat berpengaruh terhadap return yang akan diperoleh oleh nasabah. Di mana rumusnya, semakin lama durasinya, maka return yang didapatkan oleh nasabah akan semakin besar pula. 

Peer to Peer Lending

Peer to Peer Lending atau biasa disingkat dengan P2P Lending merupakan salah satu investasi jangka pendek yang baru-baru ini mencuat ke permukaan, namun popularitasnya bisa menggeser jenis investasi lainnya. Terbukti, dari waktu ke waktu, minat masyarat terhadap jenis investasi jangka pendek satu ini tumbuh subur. 

Untuk menjadi investor di P2P Lending pun sangatlah mudah, anti ribet, dan bisa dilakukan oleh siapa saja asalkan memiliki modal. Mekanisme, Anda menyediakan sejumlah dana yang dibutuhkan oleh penerima dana (peminjam), di mana Anda dan peminjam itu akan bertemu, berinteraksi, dan transaksi di platform P2P Lending. 

Darimana keuntungan investor? Tentu saja dari suku bunga dari modal yang Anda pinjamkan kepada si penerima dana. Besaran suku bunga tentu saja sangat variatif, dan keuntungan yang akan Anda peroleh bisa berbeda-beda tergantung modal dan platform yang Anda masuki. Namun secara umum, dengan investasi P2P Lending, investor bisa memperoleh hingga 25% keuntungan setiap tahunnya. 

Saham

Investasi satu ini sejatinya sudah cukup lama ada dan populer di kalangan investor papan atas. Dengan hasil yang cukup menggiurkan, saham menjadi jenis investasi yang perlu perhitungan matang. Tentu saja, dibalik keuntungan yang tinggi, menyimpan resiko yang tinggi pula, bukan? 

Sebenarnya, saham bisa saja diaplikasikan sebagai investasi jangka pendek ataupun panjang, tergantung bagaimana rencana keuangan investor. Bagi Anda yang tertrik bermain saham, cobalah untuk melakukan perhitungan secara cermat, agar tidak menyesal di tengah perjalanan. 

Demikianlah informasi terkait apa itu investasi jangka pendek beserta alternatif investasi yang bisa Anda pilih. Semoga bermanfaat, dan salam sukses.

0 Response to "3 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Populer dan Mudah Dijalankan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel