Yukk Ketahui Apa Itu Sistem Informasi Manajemen Sekolah Beserta Manfaatnya

GuruNesia - Tahukah Anda tentang sistem informasi manajemen sekolah? Ini merupakan suatu sistem yang dirancang guna memudahkan seluruh pihak melakukan interaksi di sekolah. 

Sistem informasi manajemen sekolah ini masih banyak didominasi oleh perguruan tinggi. Akan tetapi diharapkan system manajemen sekolah ini mulai diadaptasi oleh sekolah dasar hingga menengah. Hal ini karena sistem manajemen sekolah sangat bermanfaat dan memiliki fungsi penting untuk menunjang kebutuhan sekolah. 

Bagi Anda yang penasaran tentang apa itu sistem manajemen sekolah, yuk ketahui seputar sistem manajemen sekolah dan berbagai macam keunggulannya pada artikel ini. Berikut ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Apa itu system informasi manajemen sekolah?

System informasi manajemen atau yang disingkat SIM, adalah suatu bentuk aplikasi sistem secara terpadu yang mampu menyajikan informasi guna mendukung kegiatan manajemen, operasional, hingga fungsi pengambilan keputusan dari organisasi. 

Apabila digambarkan bahwasanya system informasi manajemen seperti layakna suatu bangunan piramida. Setiap lapisan itu terdiri atas lapiran dasar dari informasi-informasi untuk pengolahan transaksi, penjelasan status, dan lainnya. 

Pada lapisan berikutnya terdiri dari beberapa sumber informasi guna mendukung operasi manajemen sehari-hari. Lapisan berikutnya terdiri dari sumber daya sistem informasi. Fungsinya guna membantu perencanaan taktis, dan pengambilan keputusan guna pengendalian manajemen.

Lapisan puncak terakhir terdiri dari sumber daya informasi yang mendukung perencanaan serta perumusan kebijakan oleh tingkat puncak manajemen.

Tujuan dari system informasi sekolah

System informasi sekolah dibentuk atas dasar tujuan tertentu. Adapun tujuan dari system informasi sekolah antara lain: 

  • System informasi sekolah memudahkan proses pengelolaaan data akademik maupun non akademik

  • Bertujuan untuk mengolah serta menyajikan suatu laporan tentang perkembangan siswa dalam proses pengajaran

  • Menyajikan laporan mengenai perkembangan belajar mengajar yang ada di sekolah
     
  • Sistem informasi sekolah bisa dijadikan panduan guna membuat peraturan yang ada di lingkungan sekolah

  • Sistem informasi sekolah menjadi sarana komunikasi antar warga sekolah, mulai dari orang tua siswa dengan guru tanpa adanya batasan waktu dan tempat.

  • Bertujuan sebagai media promosi dalam mengenalkan sekolah kepada masyarakat

  • Menjadi sarana dalam memperluas informasi dan pengetahuan seputar sekolah

  • System informasi sekolah memudahkan orang tua siswa dalam memonitor perkembangan anak selama pembelajaran di sekolah

  • Menjadi media untuk seluruh siswa dalam mengetahui perkembangan dalam sisi akademik maupun non akademik

  • System informasi sekolah menjadi sarana seluruh siswa guna mendapatkan informasi seputar mata pelajaran yang diadakan sekolah. System ini juga bisa meningkatkan prestasi siswa melalui database bahan pelajaran serta soal-soal latihan

  • System informasi sekolah juga membantu siswa dalam melakukan persiapan sebelum melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. System ini juga membantu siswa dalam perencanaan karir, dan mengembangakan kemampuan sosial berdasarakan dasar informasi dan pengetahuan terhadap dirinya sendiri, sekolah, lingkungan kerja, dan masyarakat luas.

Manfaat adanya system informasi sekolah

Berikut ini manfaat adanya system informasi sekolah sebagai berikut: 

  • Bermanfaat dalam meningkatkan aksesibilitas data yang telah disediakan secara efisien dan akurat bagi para pengguna 
  • System informasi sekolah dapat membantu mengembangkan proses perencanaan dan kegiatan manajemen yang efektif 
  • Kebutuhan sekolah akan lebih efisien 
  • Data dan sekuritas akan terjamin keamanannya. Seluruh system akan terasip dengan baik
  • Memperbaiki kinerja sekolah dan produktivitas pada setiap level hierarki manajemen sekolah dengan menggunakan system informasi. System ini untuk mengolah berbagai transaksi, mengurangi biaya, dan menghasilkan pendapatan sebagai bentuk pelayanan.
  • Memudahkan pengambilan keputusan managerial 
  • Menunjang tercapainya keunggulan strategis 

Ada banyak sekali jenis dan macam sistem informasi yang beredar di pasaran. Sistem informasi atau SIM sekolah yang berbasis web paling banyak diminati dan paling popular. Hal ini karena sistem informasi sekolah berbasis web dirasa lebih mudah.

Untuk itu, bagi sekolah yang belum mulai menerapkan sistem ini, mulai dari sekarang bisa menggunakan layanan dari Pijar Sekolah. Pijar Sekolah ini merupakan platform pendidikan yang siap dijadikan partner untuk digitalisasi di sekolah Anda.

0 Response to "Yukk Ketahui Apa Itu Sistem Informasi Manajemen Sekolah Beserta Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel